Kamis, 26 Maret 2009

HEWAN YANG HAMPIR PUNAH

Indonesia memiliki sangat banyak jenis hewan dan tumbuhan. Tapi... sekarang sudah banyak yang sudah punah, karena kita kurang menjaganya. banyak orang yang memburu hewan-hewan secara liar. karena itu sudah banyak hewan dan tumbuhan yang sudah mendekati kepunahan. nah, inilah daftar hewan yang mendekati kepunahan :
1.Harimau Sumatra
Harimau Sumatra hanya dapat ditemukan di hutan sumatra. Harimau ini memiliki kulit bercorak loreng dan ukuran tubuhnya lebih kecil dari harimau lainnya. Harimau sumatra adalah hewan pemakan daging. Jumlah harimau sumatra semakin sedikit. Hal ini dikarenakan oleh kerusakan habitat dan pemburuan liar. banyak orang yang memburu harimau ini karena kulitnya yang cantik dan harganya pun mahal. hanya harimau ini yang jadi andalan Indonesia setelah harimau bali dan jawa dinyatakan punah.

2.Badak bercula 1
Badak bercula 1 dapat kita temukan di daerah konservasinya, yaitu Ujung Kulon. Ia memiliki tanduk di bagian kepala yang di sebut cula. badak bercula satu marupakan pemakan daun daunan, rumput, dan ranting muda. Banyak orang yang memburu badak untuk di ambil culanya. Cula ini di percay dapat menyembuhkan banyak penyakit. Karna sering di buru populasinya semakin sedikit.

3.burung cendrawasih
Burung cendrawasih adalah burung khas daerah papua. Burung ini juga di sebut burung surga karna bulunya yang indah. Karena itu, burung ini sering di buru. Sekarang populasi burung ini semakin berkurang.

4.burung jalak bali
burung jalak bali adalah burung khas bali. burung ini mempunyai tubuh putih bersih, ujung ekor dan sayap berwarna hitam, serta warna biru di sekitar kaki. Burung ini juga memunyai kicauan yang indah. Karena keistimewaan ini, burung ini sering di tangkap untuk di pelihara. Selain penangkapan liar, jalak bali juga mengalami penurunan populasi arena kerusakan habitat

5.orang utan
orang utan termasuk golongan kera. tubuhmya di tutupi oleh rambut berwarna merah kecoklatan.orang utan mampu memanjat pohon dan bergelantungan dari satu pohon ke pohon yang lain.orang hutan hidup di hutan hutan sumateradan kalimantan. populasi orang hutan semakin berkurang karena, pemburuan liar dan kerusakan habitat.

6.anoa
anoa adalah hewan khas sulawesi. anoa dapat di temukan di pinggir pinggir pantai sulawesi. tubuh anoa mirip kerbau tapi tubuhnya lebih kecil. tanduk anoa yang tajam di gunakan sebagai alat untuk melindungi dirinya dari musuh

7.komodo
komodo adalah salah satu hewan khas Indonesia. komodo termasuk hewan malata. komodo terdapat di pulau komodo dan sebagian pulau flores. ukuran tubuhnya dapat mencapai tiga meter. habitat kimodo adalah padang rumput. komodo adalh karnivora. dengan penciumannya yang tajam, komodo dapat mencari mangsanya.

8.dugong atau iakn duyung
dugong adalah salah stu mamalia laut yang berukuran besar. dugong hidup di perairan maluku. panjang dugong di perkirakan mencapai 3 meter dengan berat mencapai 400 kg. dugong berenang di dekat permukaan perairan dan sesekali menyelam.populasi dugong semakin berkurang karna mudah ditangkap dan perkembang biakkannya lamban.

9. tarsius
tarsius merupakan jenis kera terkecil di dunia dengan tinggi hanya sekitar 10 cm. tubuh tarsius berwarna merah kecoklatan dengan warna kulit kelabu. tarsius memiliki mata yang besar dan telinga yang lebr. tasius adalh binatang malam atau nokturnal karna aktif pada mlam hari. tarsius dapat di temukan sepanjang sulawesi utara hingga selatan.

10.penyu
penyu merupakn hewan laut yang memiliki cangkang. panjang tubuhnya adalah hampir 2 meter. karena penyu bernapas memakai paru paru , sesekali penyu akan ke permukaan untuk mengambil udara. penyu jantan menghabiskan waktunya di laut sedangkan betina sesekali ke daratan untuk bertelur. populasi penyu semakin berkurang karena banyak orang yang memburunya atau di mangsa oleh pemangsa. telur telur penyu yang bisa bertahan hidup hanya belasan dari ratusan telur

11. gajah
gajah merupakan hewan yang besar memiliki telinga yang lebar, memiliki belalai, dan memiliki sepasang gading. gajah masih dapat di temukan di pulau sumatra. populasi gajah semakin menurur karena pemburuan liar yang hanya mengambil gadingnya. selain itu gajah hanya memiliki sedikit keturunan. gajah mengandung selama 1 tahun lebih dan melahirkan hanya 1 anak gajah.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  2. wah jahat sekali .... kenapa pemburu liar tega ya ? bahkan , harimau jwa pun sudah punah sama sekali ,.... gk ada 1 ekor pun yg masih hidup loh! ..... sekian komentar dari ku
    salam
    Alline

    BalasHapus